• Subcribe to Our RSS Feed

Monday, June 13, 2016

Information and Communications Technology (ICT)

11:43 PM // by Unknown // No comments

http://www.instantdisplay.co.uk

Information and Communications Technology atau Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi  dan teknologi komunikasi. Teknologi Informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. (Wikipedia)


Seperti yang sudah dijelaskan diatas berdasarkan contoh gambar diatas bahwa Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi merupakan perpaduan yang tidak dapat dipisahkan untuk saat ini,. Misalnya untuk saat ini kita mengenal perangkat komputer untuk mengolah informasi dan teknologi jaringan dimana mentransfer informasi (data, suara, gambar, video) sehingga dapat diterima dengan baik oleh perangkat lain.

Jaringan ICT Berdasarkan Media Transmisi

  • Jaringan Wireline adalah jaringan yang menggunakan kabel sebagai media pengiriman datanya. Contoh: Kabel Coaxial, Twisted Pair, dan Fiber Optic.
  • Jaringan Wireless adalah jaringan yang menggunakan media transmisi tanpa kabel. Seperti Gelombang radio, Gelombang mikro, maupun Cahaya infra merah.

Telekomunikasi

Telekomunikasi berasal dari kata “tele” yang artinya jauh dan komunikasi yang berarti suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan, dll) dari satu pihak kepihak lain. Secara umum bentuk komunikasi jarak jauh dapat dibedakan menjadi:
  • Simplex adalah komunikasi satu arah, pengirim hanya bisa mengirim pesan ke penerima, dan tidak dapat menerima pesan. Penerima hanya dapat menerima pesan dari pengirim dan tidak dapat mengirim balik pesan. Contoh: Televisi, Radio.
  • Half Duplex adalah komunikasi dua arah pengirim dan penerima masing-masing dapat mengirim dan menerima pesan tapi secara bergantian. Contoh: Handie Talkie, FAX, Chatting.
  • Ful Duplex adalah komunikasi dua arah seperti Half Duplex tetapi penerima dan pengirim dapat mengirim dan menerima pesan secara bersamaan dalam satu waktu. Contoh: Telepon, VOIP.

Komponen Dasar Telekomunikasi

  • Informasi (Data)
  • Pengirim
  • Media Transmisi
  • Penerima 

Sinyal Analog Dan Digital

Sinyal Analog, mengubah bentuk informasi ke sinyal analog di mana sinyal berbentuk gelombang listrik yang kontinue (terus menerus) kemudian dikirim oleh media transmisi.

Sinyal Digital, di mana setelah informasi diubah menjadi sinyal analog kemudian diubah lagi menjadi sinyal yang terputus-putus (discrete). Sinyal yang terputus-putus dikodekan dalam sinyal digital yaitu sinyal "0" dan "1".




Referensi: 

Firdaus, M. Fahri, dan Etika Nuraini. 2015. Dasar dan Perancangan Wireless ICT Networks"3G-4G LTE-4G Wimax-5G-Satelit. Yogyakarta: UII Press.

 

0 comments:

Post a Comment