• Subcribe to Our RSS Feed

Tuesday, May 17, 2016

Jaringan Akses Tembaga VS FTTH

7:03 PM // by Unknown // No comments


Jaringan Akses Tembaga VS FTTH

Desain

Secara desain jaringan akses diatas hampir sama antara jaringan akses tembaga dan FTTH (Fiber To The Home), dimana pada jaringan akses tembaga disisi Provider (Central Office) menggunakan perangkat DSLAM (Digital Subscriber Line Access Multiplexer) sedangkan untuk FTTH menggunakan perangkat OLT (Optical Line Termination). Terdapat juga perangkat lain yang fungsinya juga sama seperti [MDF dengan ODF], [RK dengan ODC], [DP dengan ODP], [KTB dengan OTP], Rowset, dan [Modem ADSL dengan ONT]. Kabel penghubung perangkat yang telah disebutkan tadi istilahnya juga sama [Primer dengan Feeder], [Sekunder dengan Distribusi] dan Kabel Penanggal atau lebih dikenal dengan istilah Kabel Drop.

Koneksi

Menurut sumber yang saya dapatkan dari Wikipedia.

Proses koneksi Internet dengan Modem ADSL memerlukan 2 tahap:
  • Koneksi ADSL dari modem ke DSLAM di STO terdekat.
  • Koneksi Internet melalui broadband remote access server yang terlebih dahulu melalui proses otentikasi di remote authentication dial in user rerver untuk verifikasi Nomor Speedy dan kata sandi pelanggan Speedy. Lembaran kertas yang berisi nomor berlangganan Speedy dan kata sandi yang diberikan harap disimpan baik-baik atau langsung dicatat sebagai cadangan demi mencegah kehilangan data penting tersebut. 
Proses koneksi Internet dengan ONT GPON juga memerlukan 2 tahap:
  • Koneksi GPON dari ONT ke ODP (Optical Distribution Point), kemudian dari ODP ke ODC (Optical Distribution Cabinet), dan dari ODC ke OLT (Optical Light Terminal) di STO Terdekat.
  • Di dalam OLT. sudah tersimpan data pelanggan. Sehingga OLT hanya perlu mencocokkan ONT yang terkoneksi di dalam jaringan GPON dengan data pelanggan. Jika cocok, maka dari OLT dialihkan ke jaringan Internet Telkom.
Cukup sekian pembahasan singkat diatas kiranya menambah pengetahuan anda tentang persamaan maupun perbedaan jaringan akses tembaga dan FTTH dari segi desain dan koneksi, memang cukup sederhana karena terlalu rumit untuk membahas semuanya dengan detail. Kalau ada istilah yang kurang dimengerti cukup googling saja atau mencari di sumber-sumber lainnya. Sekedar menambah pengetahuan mengenai FTTH klik link dibawah ini:

Mengenal Teknologi Fiber To The Home















0 comments:

Post a Comment